Pengembangan Media Berbasis Ekosentris dalam Pembelajaran Teks Persuasi Kelas VIII: Kajian Etnopedagogi

Development of Ecocentric-Based Media in Learning Persuasion Texts for Class VIII: Ethnopedagogical Studies

Authors

  • Baiq Wahidah Universitas Mataram
  • Sapiin Sapiin Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Mataram
  • Mahsun Mahsun Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Mataram
  • Nasaruddin M. Ali Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Mataram
  • I Nyoman Sudika Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jb.v3i1.343

Keywords:

Media, Ekosentris, Persuasif, Etnopedagogi, Ecocentric, Persuasive, Ethnopedagogy

Abstract

Abstrak: Penelitian ini merupakan jenis penelitian research and development. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMPN 2 Gunungsari. Adapun objek dalam penelitian ini yaitu pengembangan media ekosentris dalam pembelajaran teks persuasi kelas VIII. Model pengembangan dalam penelitian ini yaitu model pengembangan ADDIE dengan tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi, serta penilaian. Instrumen dalam penelitian ini berupa lembar penilaian. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan kuesioner. Adapun teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini melalui tahapan reduksi, penyajian, dan interpretasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini dikategorikan layak. Hal itu dapat dilihat dari hasil validasi ahli pertama yang menunjukkan nilai rata-rata sebesar 4,8. Hasil rata-rata validasi ahli materi dan ahli media yang kedua menghasilkan nilai yang sama dengan rata-rata validasi pertama, yaitu 4,8. Hasil rata-rata uji coba satu-satu yang dilakukan menunjukkan skor 4,2 yang berarti bahwa media ini berada pada kategori layak untuk digunakan. Selanjutnya uji coba kelompok kecil menunjukkan skor rata-rata 4,3 yang berkategori sangat layak sehingga dapat diketahui bahwa media pembelajaran yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan.

Abstract: The type of this research is research and development research. The subjects in this research were class VIII students of SMPN 2 Gunungsari. The object of this research is the development of ecocentric media in learning persuasive texts for class VIII. The development model in this research is the ADDIE development model with the stages of analysis, design, development, implementation, and assessment. The instrument in this research was an assessment sheet. Data collection techniques used in this research were observation, interviews, and questionnaires. The data analysis technique used in this research was through the stages of data reduction, presentation, and interpretation. The results showed that the learning media developed in this research were categorized as feasible. This can be seen from the results of the first expert validation which showed an average value of 4.8. The average results of the second validation of material experts and media experts produced the same value as the first validation average, which was 4.8. The average results of the one-on-one trials carried out showed a score of 4.2, which means that this media is in the category suitable for use. Furthermore, the small group trial showed an average score of 4.3 which was categorized as very feasible, so it can be seen that the learning media developed was very feasible to use.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-26

How to Cite

Wahidah, B., Sapiin, S., Mahsun, M., M. Ali, N., & Sudika, I. N. (2022). Pengembangan Media Berbasis Ekosentris dalam Pembelajaran Teks Persuasi Kelas VIII: Kajian Etnopedagogi: Development of Ecocentric-Based Media in Learning Persuasion Texts for Class VIII: Ethnopedagogical Studies. Jurnal Bastrindo, 3(1), 28-42. https://doi.org/10.29303/jb.v3i1.343