Pemerolehan Fonem Bahasa Ibu Anak Usia 2,6 Tahun: Studi Kasus pada “Rasyid Hidayat”

Acquisition of Phonemes for Mother Tongue Children Aged 2,6 Years: A Case Study in “Rasyid Hidayat”

Authors

  • M. Zakaria Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Mataram
  • I Nyoman Sudika Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Mataram
  • Siti Rohana Hariana Intiana Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.29303/jb.v1i1.17

Keywords:

Pemerolehan Bahasa Ibu, Fonem, Psikolinguistik, Language Acquisition, Phonology, Psycholinguistics

Abstract

Abstrak: Penelitian ini membahas tentang pemerolehan fonem bahasa ibu atau pertama pada anak usia 2,6 tahun. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan bentuk dari pemerolehan fonem bahasa ibu dalam studi kasus pada Rasyid Hidayat usia 2,6 tahun dengan melihat fonem-fonem bahasa yang sudah dikuasai.  Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini mencoba menggambarkan dan memahami sesuatu terkait fenomena yang akan diteliti berdasarkan perspektif peneliti, yaitu bentuk pemerolehan fonem bahasa ibu pada Rasyid Hidayat. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak dan metode cakap. Teknik yang digunakan dalam melaksanakan metode tersebut adalah teknik catat dan rekam. Penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini adalah secara formal dan informal. Penelitian tentang pemerolehan fonem bahasa ibu pada anak usia 2,6 tahun, peneliti menemukan bentuk-bentuk fonem yang sudah dikuasai oleh Rasyid Hidayat. Adapun fonem bahasa yang sudah dikuasai adalah (1) semua fonem vokal, yaitu /a/, /i/, /u/, /e/, dan /o/ yang menduduki semua posisi dalam setiap kata, (2) fonem konsonan yang sudah dikuasai dan belum semuanya menduduki semua posisi dalam kata pada usia 2,6 tahun yaitu adalah /p/, /b/, /m/, /n/, /t/, /h/, /s/, /c/, /w/, /y/, /q/,  dan /k/.

Abstract: This study discusses about the phonological acquisition of mother tongue or first language of a child, 2.6 years old, namely Rasyid Hidayat. The purpose of this study is to describe the forms of phonological acquisition of mother tongue of Rasyid Hidayat by analyzing the phonemes of language that have been mastered. In this study, the researcher uses descriptive qualitative approach which describes and gives understanding about language phenomenon that the researcher want to analyze based on the researcher’s point of view.  The data collected were gained from recording and note taking. In presenting the data analyzed, the researcher uses formal and informal way. The findings show that the participant has mastered 1) all vowel phonemes such as /a/, /i/, /u/, /e/, and /o/ which have occupied all positions in many words, 2) consonant phonemes such as /p/, /b/, /m/, /n/, /t/, /h/, /s/, /c/, /w/, /y/, /q/, and /k/ where not all of them have already occupied all positions in some words.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-06-30

How to Cite

M. Zakaria, Sudika, I. N., & Intiana, S. R. H. (2020). Pemerolehan Fonem Bahasa Ibu Anak Usia 2,6 Tahun: Studi Kasus pada “Rasyid Hidayat”: Acquisition of Phonemes for Mother Tongue Children Aged 2,6 Years: A Case Study in “Rasyid Hidayat”. Jurnal Bastrindo, 1(1), 100-115. https://doi.org/10.29303/jb.v1i1.17