Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Karangan Naratif yang Berwawasan Kesantunan bagi Peserta Didik Kelas VII SMP

Development of Enrichment Books Writing Narrative Essays with Politeness Insights for Grade VII Junior High School Students

Authors

  • Rina Purwani universitas nahdlatul ulama purwokerto
  • Dian Mustikasari Universitas Nahdlatul Ulama Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.29303/jb.v3i1.380

Keywords:

Buku Pengayaan, Karangan Naratif, Kesantunan Peserta Didik, Enrichment Books, Narrative Essays, Student Politeness

Abstract

Abstrak: Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh penurunan tingkat kesantunan siswa karena adanya penggunaan bahan ajar yang tidak sesuai dengan norma, ada beberapa buku yang menyimpang sehingga merusak etika siswa dalam berperilaku dan bertutur. Salah satu bentuk bahan ajar  adalah buku pengayaan yang dapat meningkatkan kompetensi peserta didik. Salah satu kompetensi yang harus dimiliki peserta didik adalah kompetensi kebahasaan yang meliputi keterampilan membaca, menulis, berbicara, dan menyimak. Buku-buku pengayaan yang berkembang harusnya memperhatikan aspek isi, penyajian, dan kegrafikkan sehingga sesuai dengan porsi peserta didik. Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan kebutuhan pengembangan buku, prinsip pengembangan buku, merumuskan prototipe pengembangan buku, dan memperoleh hasil pengujian buku sehingga layak digunakan sebagai sarana penanaman nilai kesantunan. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan model Borg and Gall dengan tujuh tahap, yaitu mulai dari analisis kebutuhan sampai uji terbatas produk. Instrumen data yang digunakan meliputi: pedoman pengamatan, wawancara, angket, dan instrumen penilaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa produk telah baik dan layak sebagai sebagai sarana belajar. Selanjutnya, berdasarkan hasil uji keefektifan produk dalam pembelajaran, efektif dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam membuat karangan naratif yang santun. Penggunaan kalimat yang jelas, santun, dan  komunikatif juga memudahkan peserta didik dalam memahami isi buku tersebut.

Abstract: This development research is motivated by politeness level of student guidance to the use of teaching materials that are not in accordance with the norm, there are some books that deviate so damaging ethics in behaving and speaking. One form of teaching materials is an enrichment book that can improve the competence of learners. One of the competencies that must be owned by students is language  the skills of reading, writing, speaking, and listening. Enrichment books that attention to aspects of content, presentation, and infographics so that they are in accordance with the portion of students. The purpose of research is to describe book development needs, book development principles, book development prototypes, and obtain book testing results so that they are worthy of use as a means of planting guide values. This research on the development of the Borg and Gall model with seven stages, ranging from needs analysis to product limited testing. Data instruments  used include: observation guidelines, interviews, questionnaires, and assessment instruments. The results of this study show that the product has been well and feasible as a means of learning. Furthermore, based on the results of product effectiveness tests in learning, it can effectively improve the ability of learners a narrative essay. The use of clear, polite and communicative also facilitate students in understanding the material of the book.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2022-06-26

How to Cite

Purwani, R., & Mustikasari, D. (2022). Pengembangan Buku Pengayaan Menulis Karangan Naratif yang Berwawasan Kesantunan bagi Peserta Didik Kelas VII SMP: Development of Enrichment Books Writing Narrative Essays with Politeness Insights for Grade VII Junior High School Students. Jurnal Bastrindo, 3(1), 53-68. https://doi.org/10.29303/jb.v3i1.380