Hubungan Minat Baca dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas XI TKR SMK Bina Karya

The Correlation between Students’ Reading Interest with Learning Achievement of Indonesian Subject at Class XI TKR SMK Bina Karya

Authors

  • Nasaruddin SKIP Pancakarya
  • Riky Marantika STKIP Pancakarya Tangerang

DOI:

https://doi.org/10.29303/jb.v1i2.47

Keywords:

Minat Baca, Prestasi Belajar, Bahasa Indonesia, Reading Interest, Learning Achievement, Indonesian Subject

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan prestasi belajar dan minat baca siswa disertai dengan menguji hipotesis hubungan minat baca dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran Bahasa Indonesia pada kelas XI TKR SMK Bina Karya Kabupaten Tangerang tahun ajaran 2018/2019. Adapun jenis  penelitian yang digunakan  adalah  deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif.   Jumlah populasi sebanyak 52 orang siswa dan teknik sampling dengan menggunakan nonprabability sampling. Penelitian ini disebut dengan penelitian populasi. Pengumpulan data primer dengan menggunakan instrumen berupa  angket untuk mengukur minat baca siswa dengan memberikan seperangkat pernyataan. Pengumpulan data prestasi belajar dengan  studi dokumen berupa  nilai yang berada di buku legger dan raport.  Hasil temuan berdasarkan analisis deskriptif bahwa prestasi belajar siswa secara keseluruhan baru mencapai  63.8% dari yang diharapkan 100%. Minat baca siwa mencapai  59.6 % (rendah ) dari yang diharapkan 100%.  Hasil uji hipotesis  dengan uji-t adalah =-3.480 dengan nilai p-value = 0.000  ? 0.05. Artinya  terdapat hubungan negatif yang signifikan antara minat baca dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI TKR SMK Bina Karya. Hasil uji hipotesis dengan uji-F adalah  = 12.112 dengan nilai p-value = 0.001 < 0.05. Artinya  terdapat hubungan linear antara minat baca dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia.

Abstract: This study aims to describe students' learning achievement and reading interest along with testing the hypothesis of the correlation between reading interest and student achievement in Indonesian subjects in class XI TKR SMK Bina Karya, Tangerang Regency, 2018/2019. The type of research was descriptive correlational with a quantitative approach. The total population was 52 students and the sampling technique was nonprabability sampling. This research was called a population study. To collect the data, the researcher used instrument in the form of a questionnaire to measure students' reading interest by providing a set of statements. The result of learning achievement data by means of document studies in the form of values ??in the legger book and report. The findings were based on descriptive analysis that the overall student achievement has only reached 63.8% of the expected 100%. Reading interest reached 59.6% (low) than the expected 100%. The result of hypothesis test with t-test was = -3,480 with p-value = 0.000 ? 0.05. This means that there was a significant negative relationship between reading interest and student achievement in Indonesian subjects in class XI TKR SMK Bina Karya. The results of hypothesis testing with the F-test was = 12.112 with a p-value = 0.001 <0.05. It means that there was a linear relationship between reading interest and student achievement in Indonesian subjects.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2020-12-30

How to Cite

Nasaruddin, & Marantika, R. (2020). Hubungan Minat Baca dengan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Kelas XI TKR SMK Bina Karya : The Correlation between Students’ Reading Interest with Learning Achievement of Indonesian Subject at Class XI TKR SMK Bina Karya. Jurnal Bastrindo, 1(2), 157-172. https://doi.org/10.29303/jb.v1i2.47