Peningkatan Keterampilan Berbahasa Mahasiswa Unisba dalam Menganalisis dan Menulis Teks dengan Penguatan Materi Kebahasaan

Improving Language Skills of Unisba Students in Analyzing and Writing Texts With Strengthening Language Materials

Authors

  • Heru Pratikno Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Bandung
  • Asri Nuranisa Dewi Fakultas Ekonomi Universitas Islam Bandung
  • Irma Yulita Silviany Fakultas Syariah Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.29303/jb.v4i1.948

Keywords:

Keterampilan Berbahasa, Menganalisis dan Memproduksi Teks, Kaidah Tata Bahasa, Language Skills, Analyzing and Producing Texts, Grammar Rules

Abstract

Abstrak: Ada beberapa jenis keterampilan berbahasa yang dimiliki seseorang, yakni mendengar, membaca, menulis, dan berbicara. Karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana keterampilan berbahasa mahasiswa dalam membaca sebuah teks untuk dianalisis kesesuaian kaidah tata bahasanya. Di samping itu, tujuan lain penelitian ini adalah peneliti ingin mengetahui korelasi kemampuan berbahasa mahasiswa dalam menganalisis dan menulis sebuah teks. Penelitian yang bersifat uji variabel ini sangat cocok menggunakan metode campuran atau yang biasa disebut mix method, yakni metode kuantitatif dengan metode kualitatif. Penggunaan mix method ini akan menghasilkan uraian jawaban penelitian yang komprehensif dan akuntabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan grafik pengetahuan keterampilan berbahasa mahasiswa setelah diberikan treatment materi bahasa Indonesia.

Abstract: There are several types of language skills that a person has, namely listening, reading, writing, and speaking. Therefore, the purpose of this study was to determine the extent of students' language skills in reading a text to analyze the suitability of the grammar rules. In addition, another aim of this research is that the researcher wants to know the correlation of students' language skills in analyzing and writing a text. Research that is a test of this variable is very suitable to use mixed methods or what is commonly called the mix method, namely quantitative methods with qualitative methods. The use of this mix method will result in a comprehensive and accountable description of the research answers. The results of the study showed that there was an increase in the knowledge graph of students' language skills after being given treatment on Indonesian material.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2023-06-28

How to Cite

Pratikno, H., Dewi, A. N., & Silviany, I. Y. (2023). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Mahasiswa Unisba dalam Menganalisis dan Menulis Teks dengan Penguatan Materi Kebahasaan: Improving Language Skills of Unisba Students in Analyzing and Writing Texts With Strengthening Language Materials. Jurnal Bastrindo, 4(1), 14-27. https://doi.org/10.29303/jb.v4i1.948