Unsur Realisme dalam Naskah Drama Guru Bahasa Indonesia pada Pembelajaran Drama di SMAS Laboratorium Undiksha

Realism Elements in the Drama Script of the Indonesian Teacher at SMAS Laboratorium Undiksha

Authors

  • Moch. Sugiono Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Sudiana Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Nyoman Yasa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FBS Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.29303/jb.v2i2.277

Keywords:

Bahasa Indonesia, Drama, Unsur Realisme, Indonesian, Realism Elements

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur realisme di dalam naskah drama karya guru Bahasa Indonesia di SMAS Laboratorium Undiksha. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah naskah drama pada pembelajaran drama di SMAS Laboratorium Undiksha, khususnya yang digunakan sebagai bahan ajar pengganti naskah drama yang terdapat di dalam buku teks Bahasa Indonesia edisi revisi tahun 2017; di kelas XI pada Jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Objek penelitian ini adalah unsur realisme di dalam naskah drama guru Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi pustaka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa unsur realisme yang terkandung di dalam naskah drama yang dibuat oleh guru Bahasa Indonesia di SMAS Laboroatorium Undiksha, meliputi: (1) realisme sosial, (2) realisme psikologis, dan (3) realisme magis. Unsur reaslisme sosial terdapat pada naskah berjudul Grubug dan Anjing Sambada; unsur realisme psikologis terdapat pada naskah berjudul Siapa Aku?; dan unsur realisme magis terdapat pada naskah berjudul Sungsang.

Abstract: This research aims to describe the realism element in drama scripts by Indonesian teachers at SMAS Laboratorium Undiksha. The research method used is descriptive qualitative. The subjects of this research are drama scripts in drama learning at SMAS Laboratorium Undiksha, especially those used as teaching materials to replace drama scripts contained in the revised 2017 edition of Indonesian textbooks; in class XI in the Department of Mathematics and Natural Sciences (MIPA). The object of this research is the realism element in the drama script of the Indonesian teacher. The data collection method used is literature study. The results of this study indicate that realism elements contained in the drama script made by the Indonesian teacher at SMAS Laboroatorium Undiksha, include: (1) social realism, (2) psychological realism, and (3) magical realism. Social realism elements are found in the text entitled Grubug and Anjing Sambada; psychological realism elements are found in the manuscript entitled Siapa Aku?; Magical realism elements are found in the manuscript entitled Sungsang.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-12-31

How to Cite

Sugiono, M., Sudiana, I. N., & Yasa, I. N. (2021). Unsur Realisme dalam Naskah Drama Guru Bahasa Indonesia pada Pembelajaran Drama di SMAS Laboratorium Undiksha: Realism Elements in the Drama Script of the Indonesian Teacher at SMAS Laboratorium Undiksha. Jurnal Bastrindo, 2(2), 101-114. https://doi.org/10.29303/jb.v2i2.277